Rabu, 30 April 2014

Apakah anda pernah mendapati bahwa BlackBerry anda memunculkan tulisan app error 200 pada layarnya secara tiba-tiba? Jika anda mendapati BlackBerry anda dalam kondisi seperti ini berarti BlackBerry anda bermasalah pada saat sedang memproses sesuatu. Bisa saja karena saat sedang melakukan back-updata terjadi error atau pada saat sedang mendownload aplikasi tidak selesai atau mungkin juga karena saat anda sedang melakukan upgrade OS tidak sempurna.

Error yang terjadi pada BlackBerry yang seperti ini biasanya akan membuat BlackBerry tidak dapat dihidupkan lagi. Pada saat dinyalakan hanya akan muncul layar putih dengan tulisan app error 200 dan dibawahnya biasanya ada tulisan reset. Jika diresetpun hasilnya akan sama aja. Apabila menggunakan program aplikasi yang bisa anda unduh dari internetpun agaknya hasilnya juga tidak akan membantu. Namun tidak perlu menjadi kuatir, karena BlackBerry masih dapat diselamatkan dan bisa digunakan kembali, dan caranya adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan PC atau Laptop anda yang telah terinstall BlackBerry Desktop Manager didalamnya. Jika dalamPC atau laptop anda belum terinstal anda bisa mengunduhnya dius.blackberry.com/support/downloads/download_sites.jsp , anda bisa mendapatkannya secara gratis.
  2. Pastikan pula bahwa dalam PC atau laptop anda telah terinstall juga OS yang akan diinstall padaBlackBerry yang tadi bermasalah. Jika anda belum memiliki OS yang di perlukan oleh BlackBerry anda, anda bisa mengunduhnya di us.blackberry.com/support/downloads/download_sites.jsp dan anda juga bisa mendapatkannya secara gratis juga.
  3. Siapkan pula perangkat tambahan yaitu kabel data untuk menghubungkan BlackBerry anda ke PC ataulaptop. Dan jangan lupa untuk melepas battery BlackBerry anda sebelum memulai proses perbaikan.
  4. Error yang terjadi pada BlackBerry anda tersebut membuat data-data yang tersimpan dalam BlackBerryanda tidak dapat lagi diselamatkan, namun data-data yang tersimpan dalam memory eksternal anda tetap dapat diakses.
  5. Setelah semua perlengkapan tersebut siap maka silakan nyalakan PC atau laptop anda lalu masuklah kedrive c (system) lalu carilah folder  C:\ProgramFiles\Common Files\Research in motion\AppLoader (untuk yang menggunakan Win 7 ada pada folder Program Files (86x)) Setelah anda menemukan folder AppLoadercarilan file Loader.exe yang ada didalam folder tersebut.
  6. Setelah anda menemukan File tersebut hubungkan BlackBerry anda ke PC dengan menggunakan kabel data yang telah anda siapkan tadi dan tunggu beberapa saat sampai led merah pada BlackBerry menyala. Setelah itu jalankan Loader.exe yang ada dalam folder AppLoader tadi.
  7. Setelah anda jalankan diamkan BlackBerry anda sampai PIN BlackBerry anda muncul pada jendelaApplication Loader Wizard. Kemudian Klik Next.
  8. Setelah pada jendela Application Loader Wizard menampilkan dialog Device Application Selection, anda tinggal memilih aplikasi apa saja yang ingin anda install di BlackBerry anda. Atau anda cukup klik Next pada tombol Next dibagian bawah. Namun sebelum anda klik Next pasanglah terlebih dahulu battery BlackBerryanda yang tadi anda lepas
  9. Setelah anda klik Next pada BlackBerry anda maka proses instalasi akan berjalan otomatis dan anda tinggal menunggu proses tersebut selesai dan BlackBerry anda telah siap untuk digunakan kembali.
Setelah anda merasa cukup yakin dengan hasil instalasi ulang BlackBerry anda, maka silakan anda mensetulang berbagai aplikasi yang perlukan, dan BlackBerry anda telah siap untuk kembali digunakan.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar